Monday, February 24, 2014

Hitori kakurenbo

Jadi cerita nya kemarin lagi iseng buka buka the lounge kaskus (silent reader) dan nemuin sebuah thread yang menggelitik rasa penasaran gue. Lalu gue baca lah.

Ternyata dalam thread itu si kaskuser tersebut mengangkat tema horror. Makin terdorong lah rasa penasaran gue. Thread ini membahas seputar urban legend asal negara sakura, jepang. Yaitu permainan seram yang melibatkan arwah... Hiiiiiiiii.. Nganga lah mulut gue. Makin dibaca makin ngeri sekaligus takut. Tapi mubazir banget kalo ngga kebaca.

Nama permainan itu adalah Hitori Kakurenbo. Atau kalo dalam bahasa inggris dikenal sebagai Hide And Seek By Yourself. Seperti judulnya permainan ini berdasarkan permainan petak umpet. Tapi bedanya petak umpet pada umumnya melibatkan 2 - 10 pemain. Tapi dalam hitori kakurenbo ini hanya ada 1 orang saja yang bermain dan melibatkan arwah. Wow macem jaelangkung rupanya.


Benda yang digunakan sebagai objek permainan seram itu adalah boneka, boneka binatang yang kemudian diisi dengan beras. Kemudian dijahit dengan benang merah (melambangkan urat nadi / kehidupan).

Gue ngga akan menuliskan apa saja syarat syarat atau benda yg diperlukan untuk permainan ini.

Yang jelas permainan ini harus dimainkan tepat pada saat jam menunjukan waktu 3.00 AM. Dan hanya ada 1 orang didalam rumah tersebut.

Jadi ketika tepat pada jam 3 pagi, pemain harus mematikkan semua benda elektronik, kecuali televisi tapi biarkan dalam keadaan statis (siaran semut) dan keadaan rumah harus gelap gulita. Kemudian si pemain harus berkata ".....(nama pemain) jaga" lalu pemain berlari meninggalkan boneka tersebut. Lalu menghitung 1 sampai 10 kemudian kembali ketempat dimana boneka tersebut ditinggalkan kemudian menusuk nya dengan benda tajam (pensil mekanik, agar tidak berbahaya). Sambil berkata "aku menemukanmu". Kemudian selanjutnya si pemain harus berkata "sekarang, ..... (nama boneka) kamu jaga" lalu pemain harus berlari dan bersembunyi. Katanya saat si pemain bersembunyi banyak yang melaporkan (blogger yang mencoba permainan) terjadi hal hal aneh. Seperti suara langkah kaki, televisi berpindah channel, orang tertawa dan lain lain. Pemain harus segera mengakhiri permainan ini sebelum boneka yang telah dirasuki arwah itu menemukan si pemain dan menusuknya dengan pensil yang sama. Dengan mencari boneka dan menyemburkan air garam ke boneka tersebut seraya berkata dengan lantang "aku menang". Kemudian membakarnya. Agar arwah tersebut pergi dan tidak kembali.

Setelah membaca itu bulu kuduk gue berdiri apalagi gue baca thread itu tepat pada jam 1 malem. Alhasil itu membuat gue pindah ke kamar tidur nyokap karena takut haha. 

Dan denger denger ada film yang mengangkat urban legend ini yang berjudul Creepy Hide And Seek, gue sendiri belom nonton karena masih mengumpulkan keberanian. Hahaha..

 


Pada bulan maret 2013 (kalo ngga salah) ada seorang pengguna tumblr dengan user name black-cat-loki yang mencoba permainan ini dan aktif melaporkannya di akun tumblr miliknya. Black cat loki ini adalah pengguna tumblr yang aktif dengan rata rata 500 posting setiap bulan. Dia mencoba permainan dan mengaku mengalami hal hal aneh. Iya pun mengupload video pada saat ia memainkan hitori kakurenbo. Di akhir permainan dia menemukan boneka nya lalu menyemburkan air garam, namun kemudian boneka itu hilang entah kemana. Dan penurunan aktivitas tumblr nya pun sangat dratis. Betapa tidak, dia hanya membuat 1 posting di bulan berikutnya. Banyak yang bilang apa yang dia lakukan itu semua fake alias tipuan. Ada lagi yang berkomentar kalo memang dia melakukan tipuan tapi kenapa aktifitas tumblr nya menurun drastis bahkan dia berhenti memposting pada bulan berikutnya. Ini sebuah pengorbanan yang luar biasa ketika ia memiliki sebuah akun dengan banyak follower tapi dia meninggalkan nya hanya untuk mendukung tipuannya.

Well.. Gue sendiri bingung. Apa yang terjadi sebenarnya dengan si pengguna akun tumblr yang menghilang itu. Apa mungkin dia hanya kehilangan password atau email atau apalah itu. Terlepas dari kebenaran tentang nya dan permainan seram ini. Kita sebagai manusia beragama harus nya tidak melakukan hal hal ceroboh seperti itu.

(Tiny sweet tiger)

Comments and critics are welcome :)

3 comments:

  1. Replies
    1. kalo ente merasa itu hoax ente silahkan coba atuh
      kalo ane sih masih waras ye dan ane kagak mau main2 dengan nyawa ane..peace..salam damai gan

      Delete